Venue is your 1st Big Step

Sebagian besar calon pengantin biasanya mengalami fase menjadi seekor  seorang bridezilla. masa-masa dimana persiapan pernikahan bikin kita menggila saking pusingnya.

Berhubung ini acara sekali seumur hidup, kita pastinya pengen yang terbaik donk, tapi gimanapun juga semua hal ada limitasinya. today, we’re discussing about venue. venue is your 1st BIG Step. bisa dibilang venue menentukan segalanya. why? soalnya vendor-vendor pilahanmu misalnya dekorasi, ketering, pasti pada akhirnya dipengaruhi oleh venuemu.

Kategori venue ada buanyak. pertama-tama tentukan dulu

1. indoor atau outdoor?

2. gedung atau resto atau hotel atau sport club atau ballroom?

3. ambil paketan atau sewa gedung aja?

 

Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih venue

1.      Indoor :

Cocok buat yang weddingnya di musim ujan dan pengen amannya aja. failitas untuk sebuah venue indoor biasanya udah komplit, penerangan juga gak perlu dikuartirkan.

Outdoor:

Cocok untuk yang pengen suasana casual, pake special effect fireworks atau phyrotechnic. hati-hati dalam mempersiapkan wedding outdoor, perhatikan penerangan venue nya, seringkali wedding outdoor kurang pencahayaan sehingga terkesan suram. padahal wedding outdoor paling bagus di beri lampu LED warna-warni. jangan lupa juga perhatikan sumber listriknya. yang paling penting perhatikan musimnya. kalau terpaksa wedding outdoor di musim hujan, pastikan area-area penting misalnya pelaminan dan panggung band ada tendanya.

2. Gedung:

Gedung adalah pilihan yang memberikan flexibilitas paling maksimal, sekaligus paling ribet bin rempong. wedding digedung mempuat calon pengantin bebas memilih vendor dekorasi sesuka hati, vendor ketering sesuka hati, dan vendor-vendor lainnya. Mau sistem table atau pun perasmanan bisa diatur. gedung cocok untuk calon pengantin yang ingin full-control terhadap weddingnya baik dari segi konsep, pemilihan vendor, maupun budget.

Resto, Sport Club dan Ballroom

Ketiganya memiliki kesamaan yaitu menawarkan sistem paketan. ada yang hanya gedung+makan tapi sebagian besar menawarkan paketan yang sudah include dekorasi, band, mobil pengantin bahkan perias. Cocok buat calon pengantin yang gak mau ribet dan gak banyak maunya🙂 kekurangannya disini yaitu tidak adanya fleksibilitas, sering kali beberapa vendor yang masuk dalam paketan kurang cocok dihati, misalnya keteringnya kurang enak, dekornya kurang sesuai, periasnya kurang cocok dan lain sebagainya.

3. Ambil paketan atau sewa gedung aja?

Jujur yaaaa… saya pribadi kurang suka sama yang paket-paketan. selain kurang fleksible seperti yang disebutkan diatas, saya rasa paketan membuat kita memiliki kontrol minim terhadap tiap-tiap vendor yang ada dalam paket tersebut. kalo pas hari H ternyata salah satu vendor dalam paket tidak memuaskan kita bisa apa? secara kita udah pasrah aja sm yang bikin paket tanpa bisa meng cross cek sendiri. Apa lagi kalo paketannya tidak saling berkorelasi, sebenernya dekorasi korelasinya apa sih dengan perias? apalagi korelasi perias dengan ketering, malah gak ada sama sekali deh rasanya. saya sendiri jujur aja punya paketan, tapi paketan saya reasonable koq, sekarang saya jualan lighting sama special effect, kalo gak ada wo nya siapa yang mau mengkonsep dan menjalankan? saya prefer memberikan rekomendasi vendor, saya kasi tau nama vendornya secara fair, sehingga calon pengantin bisa mengkontrol sendiri.

Milih venue itu gampang-gampang susah (banyakan susahnya). Tapi ketika sudah diputuskan akan menentukan pilihan vendor-vendor berikutnya. so, pertimbangkan baik-baik, be smart guys and good luck🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s